Kontradisi Iklan Rokok yang Menawarkan Kenikmatan dan Peringatan Kematian
Di Indonesia kini banyak merambah iklan-iklan rokok yang menawarkan kenikmatan, percaya diri, sporti, elegan, dan lain sebagainya namun dari semua itu ada peringatan Rokok Membunuhmu. Entah bagaimana bisa iklan yang bertolak belakang dengan peringatan. Apapun tawarannya ada Peringatan Merokok Membunuhmu.
Memang Rokok itu mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Namun kebanyakan orang tidak peduli akan peringatan tersebut. Biasanya di tempat-tempat khusus merokok banyak peringatan dan penyuluhan betapa berbahayanya merokok. Meski tahu itu semua mereka tetap terus merokok.
Ada iklan sporty, terlihat keren, dan terlihat kuat namun apakah bintang iklan itu merokok? Siapa yang tahu. Bagi yang perokok mungkin ada niatan untuk berhenti merokok, tapi hanya niat tidak dilakukan. Namun sebenarnya bisa dilakukan dengan cara bersabar dan menghentikan kebiasaan.
Iklan-iklan rokok banyak yang menawarkan promo dijalanan, diwarung, di manapun. Kita lihat negara tetangga yang telah maju. Misalnya Singapura, memang disana tidak dilarang merokok tapi sangat dibatasi. Hanya tempat-tempat tertentu yang di perbolehkan, itu pun disudut kecil.Untuk harga mahal dan tidak dipajang ditempat-tempat penjualan seperti MiniMarket ( ada tapi tidak dipajang).
Di marketing penjualan rokok beragam, ada yang jadi sponsor di festival music, olah raga, dan masih banyak lagi. Penjualan rokok melalui SPG-SPG cantik, apakah SPG itu merokok? Ada beberapa iklan penyuluhan betapa berbahayanya merokok. Namun lebih banyak iklan rokok yang menawarkan kenikmatan, kepuasan, sporty, elegan, dan sebagainya.
Kembali dari kesadaran diri sendiri betapa berbahayanya merokok, jelas peringatan merokok itu membunuhmu.
Sayangi kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar