Puncak Hati

Heart to Heart

MANFAAT KAYU MANIS UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

MANFAAT KAYU MANIS UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

Kayu manis ialah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Kayu manis digunakan sebagai bahan makanan untuk menambah aroma agar semakin lezat. Selain itu kayu manis memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, kayu manis memiliki sumber potasium, mangan, kalsium, magnesium, seng, dan zat besi. 

Selain menaburkan bubuk kayu manis atau mengonsumsi makanan dengan bahan kayu manis, kamu juga bisa merebus kayu manis dan meminum air rebusannya guna mendapatkan manfaat sehat berikut ini. 

Manfaat kayu manis untuk kesehatan antara lain : 


Menurunkan berat badan 

Air rebusan kayu manis yang dicampur dengan madu adalah minuman terbaik untuk menurunkan berat badan. Sebab minuman ini membantu dalam mendetoksifikasi sistem tubuh, membuatmu cepat kenyang, serta menekan nafsu makan. 



Meringankan kram menstruasi 

Menurut National Center For Biotechnology, wanita yang tersiksa dengan kram menstruasi bisa meringankan kram yang mereka derita dengan minum air kayu manis. Sebabnya, kayu manis bersifat analgesik dan anti koagulasi yang membantu mengurangi rasa nyeri. 



Meningkatkan imunitas 

Air kayu manis kaya akan zat antioksidan seperti polifenol dan proanthocyanidins untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu air kayu manis juga memiliki sifat anti jamur, antibakteri, dan antivirus yang menurunkan risiko berbagai penyakit seperti masalah jantung atau penyakit pernapasan. 



Mengurangi efek buruk PCOS 

PCOS atau sindrom ovarium polikistik, adalah kelainan hormonal yang terjadi pada wanita yang menyebabkan ovarium membesar dengan kista yang berkembang di sisi luar. Minum air rebusan kayu manis diketahui bisa mengurangi efek buruk PCOS dan menurunkan resistensi insulin pada wanita yang sedang menderita PCOS. 



Meningkatkan fungsi otak 

Menurut penelitian, air kayu manis memiliki kemampuan untuk memperlambat perkembangan penyakit otak seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer karena nutrisi di dalamnya akan meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak. 



Meredakan sakit gigi 

Nyeri karena sakit gigi amatlah menyiksa. Kamu pun bisa mengobatinya dengan minum air rebusan kayu manis untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan gusi. 



Mencegah diabetes 

Senyawa polifenol dan antioksidan di dalam kayu manis juga bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah sehingga bermanfaat dalam mengobati diabetes tipe 2. 



Mencegah kanker 

Kayu manis mengandung senyawa anti karsinogenik yang terbukti bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker. 



Meningkatkan pendengaran 

Para manula bisa menjaga kesehatan pendengaran mereka dengan rajin minum air rebusan kayu manis. Sebab kayu manis begitu tinggi zat alami untuk mempertajam pendengaran. 



Mempercantik kulit 

Kayu manis adalah sumber serat yang sangat baik untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh. Sebab, racun yang menumpuk bisa akan membuat kulit tidak bercahaya dan cantik lagi. 

Demikian Manfaat Kayu Manis untuk kesehatan dan semoga bermanfaat. 



No comments:

Post a Comment

loading...